ASISTENSI PEMANTAUAN EVALUASI KINERJA PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DAN PPID OLEH BPPSDMKP

SHARE

Tegal, 15 Mei 2024 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) menyelenggarakan kegiatan asistensi pemantauan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diadakan pada tanggal 13-14 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal, dengan partisipasi aktif dari BPPP Banyuwangi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh UPT Lingkup BPPSDMKP di seluruh Indonesia, termasuk BPPP Banyuwangi. Asistensi ini juga mencakup evaluasi kinerja PPID yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dan penyebaran informasi kepada publik, sesuai dengan prinsip-prinsip keterbukaan informasi. Selama dua hari kegiatan, peserta yang terdiri dari perwakilan BPPP Banyuwangi dan beberapa UPT Lingkup BPPSDMKP mendapat bimbingan intensif dari tim BPPSDMKP. Materi yang disampaikan mencakup metode evaluasi kinerja, strategi peningkatan kualitas pelayanan publik, serta teknik pengelolaan informasi dan dokumentasi yang efektif dan efisien dengan asistensi LKE Pelayanan Publik dan SAQ PPID masing-masing UPT BPPSDMKP.

Tim BPPSDMKP dalam kegiatan ini  menyampaikan bahwa asistensi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa pelayanan publik di sektor kelautan dan perikanan terus berkembang dan mampu memenuhi ekspektasi masyarakat. "Kualitas pelayanan publik yang baik adalah kunci keberhasilan dalam memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. Oleh karena itu, evaluasi dan peningkatan kinerja harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh," ungkapnya. Hasil dari kegiatan asistensi ini diharapkan dapat langsung diterapkan oleh BPPP Banyuwangi dan UPT Lingkup BPPSDMKP dalam operasional sehari-hari. Dengan demikian, pelayanan publik di bidang kelautan dan perikanan dapat semakin optimal dan transparan, memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat. [Firm-Red]