UPACARA HARKITNAS 116 TAHUN : MENGUKUHKAN SEMANGAT BANGKIT UNTUK INDONESIA EMAS

SHARE

Banyuwangi, 20 Mei 2024 - Pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024, pukul 08:00 WIB, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi menyelenggarakan upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116. Upacara ini dilaksanakan di halaman Kantor Utama BPPP Banyuwangi dan diikuti oleh seluruh pegawai BPPP Banyuwangi baik secara luring maupun daring. Pegawai BPPP Banyuwangi serta penyuluh perikanan di Banyuwangi menghadiri secara langsung, sementara para penyuluh perikanan di Kabupaten/Kota lainnya mengikuti melalui sambungan online.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala BPPP Banyuwangi, Moch. Muchlisin. Adapun tugas Komandan Upacara dijalankan oleh Athanasius. Pembawa Teks Pancasila dalam upacara ini adalah Eling Aliando, sementara Candra Istiana bertugas sebagai Pembaca Pembukaan UUD 1945. Petugas Pengibar Bendera terdiri dari Muhammad Tauhid Maulana, Iman Setya Dwi Ardani, dan Hendra Dwi Kristiawan. Nani Susilowati menjadi Pembawa Acara, dan Mahmudin ditunjuk sebagai Pembaca Doa.

Dalam rangkaian upacara ini, Pembina Upacara menyampaikan pembacaan naskah pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika yang mengangkat tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas." Pidato tersebut menggarisbawahi pentingnya semangat kebangkitan nasional dalam mewujudkan cita-cita bangsa menuju Indonesia Emas. Selain itu, peserta upacara juga bersama-sama menyanyikan lagu-lagu perjuangan "Bagimu Negeri" dan "Satu Nusa Satu Bangsa," yang semakin menambah rasa khidmat dan kebersamaan dalam upacara.

Upacara berjalan lancar dan penuh khidmat dari awal hingga akhir. Semua peserta, baik yang hadir secara langsung maupun yang mengikuti secara daring, menunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi. Acara ini tidak hanya menjadi momen refleksi sejarah kebangkitan nasional, tetapi juga memperkuat komitmen seluruh elemen di BPPP Banyuwangi dan penyuluh perikanan untuk terus bekerja keras demi kemajuan bangsa.

Dengan tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas," upacara Hari Kebangkitan Nasional kali ini menekankan pentingnya kebersamaan dan semangat juang dalam menghadapi tantangan masa depan. Semoga semangat kebangkitan ini dapat terus menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membangun negeri menuju masa depan yang gemilang. [ Firm/Red]