AKSELERASI PELATIHAN TAHUN 2022, BPPP BANYUWANGI SELENGGARAKAN TIGA PELATIHAN DI AWAL TAHUN

SHARE

BANYUWANGI (27/01) – Awal Tahun 2022 ini Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi telah menyelenggarakan tiga kegiatan pelatihan sekaligus. Pelatihan yang diselenggarakan ini merupakan pelatihan perdana bidang kelautan dan perikanan di Indonesia sesuai dengan tagline dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Tahun 2022 yaitu Accelerate atau percepatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPPP Banyuwangi, Achmad Subijakto bahwa pelatihan yang diselenggarakan di Tahun 2022 akan lebih cepat dilaksanakan dan tentunya mengakomodir kebutuhan masyarakat. “Awal tahun 2022 ini merupakan momen yang saya baik untuk melakukan percepatan kinerja, begitu anggaran dan Perencanaan sudah siap maka kita langsung lakukan tugas pokok dan fungsi kita yaitu pelatihan sesuai dengan tagline dari KKP yaitu KKP 2022 Accelerate atau Percepatan” ujar Achmad.

Pelatihan yang telah dilaksanakan oleh BPPP Banyuwangi diantaranya Pelatihan Peningkatan Kualitas Garam bagi Petambak Garam di Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 20 s.d. 21 Januari 2022, Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan Nila bagi Pengolah Ikan di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali pada tanggal 24 s.d. 25 Januari 2022 dan Pelatihan Pembuatan Alat Tangkap Rawai dasar di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 26 s.d. 27 Januari 2022.

      

Metode Pelatihan yang diselenggarakan menggunakan metode Blended Online Training artinya para peserta pelatihan memperoleh materi secara daring dan para peserta juga melaksanakan praktek secara luring didampingi oleh para penyuluh dan diinstruksikan pelatih secara daring. Metode ini cukup efektif dilaksanakan karena para peserta selain menerima teori juga melaksakan kegiatan praktek secara langsung sehingga ada transfer keterampilan dari para pelatih kepada para peserta secara langsung walaupun tidak bertatap muka. Selain itu keterampilan yang telah ditransfer tersebut akan diasah terus menerus dengan pendampingan dari para penyuluh perikanan.

Harapan dari kegiatan pelatihan ini masyarakat akan mendapatkan bekal keterampilan yang dapat digunakan dalam kegiatan usaha bidang kelautan dan perikanan di tahun 2022. Sehingga walaupun masih terjadi pandemi COVID-19 dengan penambahan varian baru yaitu omicron para peserta dapat survive dalam menjalan usahannya.

 

TIM KEHUMASAN BPPP BANYUWANGI