KOMITMEN BPPP BANYUWANGI MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI

SHARE

Banyuwangi,(27/02/2020) - Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi berkomitmen untuk mempertahankan predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) di Tahun 2019 ini. Selama proses menuju ZI WBK, Tim Inspektorat Jenderal V Kementerian Kelautan dan Perikanan (Itjen V KKP) melakukan Asistensi dan Pendampingan kepada BPPP Banyuwangi terkait persiapan dalam pelaksanaan audit yang akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Predikat ZI diberikan kepada unit kerja yang berkomitmen untuk mewujudkan WBK melalui reformasi birokrasi dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik dan pencegahan korupsi.

Untuk menyiapkan diri menuju ZI-WBK, BPPP Banyuwangi melengkapi dan mengumpulkan berbagai dokumen pendukung serta melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai di lingkungan BPPP Banyuwangi. Selama proses melengkapi dokumen tersebut didampingi oleh Tim Itjen V KKP yaitu Yan Purwadi Kurniawan, S.St.Pi dan Rusihan Anwari, S.Pi.

Yan Purwadi Kurniawan, S.St.Pi selaku penanggung Ketua tim pendamping mengatakan bahwa WBK merupakan sebuah strategi untuk mewujudkan dan membangun komitmen anti korupsi agar lembaga pemerintah berkomitmen akan pembangunan anti korupsi. “Dalam upaya meraih predikat ZI WBK hendaknya pelaksanaan dilakukan dengan sunguh-sungguh dan diimplementasikan dalam tugas sehari-hari serta dilengkapi dengan dokumen kegiatan sebagai alat pembuktian mengenai apa yang telah dikerjakan,” ujar Muhaswad diawal kegiatan Pendampingan dan Asistensi, 24 Februari 2020.

Senada dengan pernyataan Yan Purwadi Kurniawan, S.St.Pi, ketua Tim Pendampingan dan Asistensi, Rusihan Anwar, S.Pi. dalam arahannya kepada TIM ZI-WBK BPPP Banyuwangi menghimbaukan untuk mendapatkan predikat ZI-BWK harus melengkapi dokumen terkait dengan pelaksanaan tugas dan dokumen pembangunan WBK. Selain itu, ditambahkannya pula bahwa penilaian tidak hanya terpaku pada dokumen saja tetapi juga bagaimana membangun ZI WBK yang diwujudkan dalam budaya anti korupsi.

Kegiatan Pendampingan dan Asistensi dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 24 s.d. 27 Februari 2019 di Ruang Pertemuan Lt.II BPPP Banyuwagi yang diikuti oleh Pejabat Strutural, Pejabat Fungsional serta Tenaga Kontrak. Dalam kesempatan tersebut Ahmad Subijakto, A.Pi., MP. selaku Pimpinan BPPP Banyuwangi berharap audit yang nantinya akan dilakukan oleh Kemenpan RB dapat berjalan dengan lancar dan sukses menghantarkan BPPP Banyuwangi menjadi lembaga yang bersih dan bebas dari korupsi. (sp)