Rayakan Ultah KKP ke-22, BPPP Banyuwangi Gelar Pelatihan Virtual Akbar sampai Tanam Cemara

SHARE

[Banyuwangi, 22-23-26/10] - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ke 22, Balai pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi mengadakan kegiatan kegiatan Pelatihan Virtual Akbar Kelautan dan Perikanan serentak yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Oktober 2021 dengan 5 kegiatan pelatihan. Pelatihan yang dilaksanakan meliputi Pelatihan Pembuatan Bubu Lobster Lipat (Buloli) dan Pelatihan Teknik Penggantian Metal dan Ring Piston Mesin Diesel Silinder Tunggal yang dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2021 sedangkan Pelatihan Pembuatan Garam dengan Sistem Full Geomembran, Pelatihan Budidaya Rumput Laut Sistem Long Line dan Pelatihan Pembuatan Bakpia Ikan Pedas (Kandas) dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021. Berdasarkan kehadiran diperoleh total peserta yang mengikuti rangkaian pelatihan tersebut mencapai lebih dari 2.000 orang dari berbagai kalangan and berbagai daerah. Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan virtual akbar ini, tidak hanya menyimak bahkan banyak peserta yang berhasil mempraktekan materi yang dilatihkan tersebut. Harapannya dengan menguti berbagai pelatihan tersebut akan menambah kecintaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat kelautan dan perikanan pada khususnya terhadap sumberdaya perikanan yang ada di Indonesia. Selain itu adanya pelatihan ini akan membuka prospek penumbuhan dan pengembangan usaha di bidang kelautan dan perikanan. Pelatihan Virtual Akbar ini tidak hanya dilaksanakan oleh BPPP Banyuwangi tapi juga oleh UPT lingkup Pusat Pelatihan dan Penyuluhan lainnya seperti BPPP Medan, BPPP tegal, BPPP Bitung dan BPPP Ambon sehingga total peserta pelatihan dalam 2 (dua) hari pelatihan tersebut dapat mencapai lebih dari 10.000 orang peserta.

Rangkaian kegiatan menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ke 22 oleh BPPP Banyuwangi selanjutnya dilaksanakan pada puncak perayaan yaitu pada tanggl 26 Oktober 2021 dengan melaksanakan kegiatan Beach Clean Up atau Bersih Pantai dan Penanaman Pohon Cemara sebagai vegetasi pesisir. Kegiatan Bersih Pantai dan Penanaman Pohon Cemara ini mengusung tema kegiatan dari BRSDMKP yaitu “Aksi generasi Muda Peduli Pesisir dan Sungai” dan tema besar HUT KKP ke-22 yaitu “ Ekonomi Biru menuju Indonesia Sejahtera”. Hal ini karena Ekonomi Biru sebagai kebijakan nasional dalam mengelola sumber daya kelautan dan perikanan nasional yang mengedepankan ekologi, efisien, tanpa limbah, berkeadilan inklusif yang didukung oleh kesadaran publik sebagai penggerak ekonomi bangsa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh pegawai BPPP Banyuwangi di Pesisir Pantai Bangsring yang terletak dibelakang perkantoran BPPP Banyuwangi. Kegiatan bersih pantai dan penanaman phon cemara dimulai pada pukul 07:30 WIB dengan sebelumnya diberikan arahan pelaksanaan oleh Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Achmad Subijakto. Kegiatan bersih pantai berakhir pada pukul 10:00 WIB dilanjutkan dengan mengikuti acara puncak perayaan secara daring oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan , Wahyu Sakti Trenggono dan para Bupati sebagai undangan. Semoga Kementerian Kelautan dan Perikanan terus Maju dan Jaya.[Firm/Red]