RENCANA PEMBANGUNAN LOBSTER CENTER BANYUWANGI DI FESTIVAL LOBSTER

SHARE

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyelenggarakan Festival Lobster pada hari Sabtu-Minggu (3-4 April 2021) di Pantai Mustika yang terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan laut di Banyuwangi khususnya keberadaan Lobster yang merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia yang telah banyak di ekspor ke berbagai negara. Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyampaikan bahwa festival ini bukan hanya sekedar event pariwisata biasa, akan tetapi ingin lebih mengenalkan kekayaan laut di Kabupaten Banyuwangi yang salah satunya lobster sehingga mampu menghasilkan lobster berkualitas ekspor.

Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi, Achmad Subijakto, A.Pi, MP. bertemu langsung dengan Bupati Ipuk pada kegiatan festival tersebut untuk membahas pengembangan lobster di Banyuwangi. Salah satu pengembangan lobster tersebut adalah rencana pembangunan Lobster Center Banyuwangi yang berfungsi sebagai sentra penelitian dan pengembangan lobster. Konsep yang diusung adalah eduwisata lobster mulai dari riset, konservasi, penyuluhan, budidaya, edukasi dan lainnya akan berada di Lobster Center Banyuwangi. Pembangunan Lobster Center Banyuwangi ini akan menjadi kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh BPPP Banyuwangi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Harapan kedepannya dengan adanya Lobster Center Banyuwangi akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat kelautan dan perikanan baik yang berada di Kabupaten Banyuwangi, seluruh Indonesia maupun mancanegara. “Dukungan dari KKP sangat luar biasa dan kami berharap dapat segera dikolaborasikan untuk direalisasikan “ imbuh Bupati Ipuk. [FPN/red. Foto: Saputra, W]